Cara Membuka File Berexstensi .Rem

Tidak sedikit yang mengalami permasalahan tiba - tiba file (gambar, mp3, doc, dll) yang disimpan di media card sebuah handheld blackberry berubah menjadi file yang berakhiran .REM. Misal, nama sebuah file adalah gambarku.jpg, kemudian berubah menjadi gambarku.jpg.rem. Akibatnya file tersebut tidak akan bisa dibuka jika media card (MicroSD) dibaca di device lain (PC/Laptop) meskipun dengan cara mendelete/rename ekstensi .rem pada file yang dimaksud.

Kenapa bisa begitu? Berikut penjelasannya,
Blackberry mempunyai sistem enkripsi yang ditanamkan pada setiap handheld blackberry. Enkripsi ialah proses mengamankan suatu informasi/data dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan tools khusus, ditujukan untuk keamanan data (Sumber : Wikipedia).

Sistem enkripsi pada blackberry bisa ditemukan di options > memory / media card > Encryption Mode.
Jika konfigurasi pada submenu memory / media card seperti gambar di atas, maka setiap file yang disimpan akan di enkripsi dan ekstensinya berubah menjadi nama_file.ext_asli.rem (Misal proyek.doc.rem). File tersebut tidak akan bisa dibuka di device lain sebelum dilakukan proses decrypted. Proses decrypted hanya bisa dilakukan melalui system operasi blackberry.
Deskripsi tentang REM bisa anda baca di sini.

Selanjutnya bagaimana proses deskripsinya?
1. Lihat gambar di atas, ubah Encrypt Media File dari "Yes" menjadi "No"
2. Ubah Encryption Mode menjadi "None"
3. Tekan tombol "back" kemudian "save", berikut hasilnya :


4. Sampai dengan langkah ke 3, file yang berekstesi file belum berubah. Anda bisa melakukan salah satu opsi di bawah untuk merubah file tersebut menjadi file asli,
  • Attach file yang dimaksud, kemudian kirim ke alamat email anda. Maka ketika anda buka attachment tersebut file sudah dalam kondisi tidak enkripsi.
  • Pindah file yang berekstensi rem ke folder lain.
Semoga bermanfaat ^_^

2 komentar:

Budi mengatakan...

thank you for sharing , happy once felt reading in this blog, so more insight .. hopefully always given the health and success always ..
Online store sepatu safety

efan mengatakan...

Makasih mas, infonya membantu sekali

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman